Senin, 02 April 2018

PENGERTIAN MODEM USB DAN FUNGSI KOMPONEN MODEM USB


              1.  Pengertian modem Usb

Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.




Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon.Setibanya di modem tujuan, sinyal analognya tadi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital kembali serta dikirimkan kepada komputer. 


Komputer mengirimkan informasi dari bentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal analog. Guna mengatasi permasalahan tersebut, modem dapat berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog. Sinyal analog yang dibawa yang melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai kepada komputer lain, sinyal analog diubah lagi ke bentuk digital oleh modem.
Modem GSM atau kepanjangan dari Global System for Mobile merupakan salah satu standard sistem komunikasi tanpa menggunakan transmisi kabel (nirkabel) yang mempunyai sifat tebuka. Jadi Modem GSM ini dapat didefiniskan sebagai salah stau perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan sebuah perangkat komputer ke suatu jaringan internet dengan menggunakan jasa telepon selular sebagai sistem transmisi datanya

          Modem GSM ini pada umumnya berbentuk USB Drive yang mudah digunakan dimana saja tanpa harus menggunakan transmisi kabel seperti pada jenis modem ADSL yang harus menggunakan transmisi kabel pada port LAN card atau LAN Onboard. Sebagian besar pada jenis modem GSM ini sudah diintegrasikan dengan SIM card bawaannya atau biasa kita kenal dengan kartu handphone dengan dukungan provider tertentu, bahkan untuk saat ini modem GSM sendiri telah banyak yang dilengkapi dengan slot untuk pemasangan sebuah memory card atau sd card layaknya sebuah kartu pembaca memori atau card rider.
2.  Fungsi komponen Modem Usb



·      sim slot untuk menempatkan sim card dalam suatu perangkat keras.

·   Kegunaan dari micro sd yaitu untuk menyimpan data atau file. Kita bisa memanfaatkan perangkat ini untuk menyimpan atau mencadangkan file dan data yang ada pada smartphone, tablet, atau laptop. Jadi kita bisa berbagi file dengan perangkat lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil

Nama                       : Tria wijayanti Tempat/Tgl lahir      : Laiya 13 Oktober 1996 Jenis Kelamin          : Perempuan Gol Darah   ...